3 Keuntungan Memulai Bisnis Dropship

3 Keuntungan Memulai Bisnis Dropship

3 Keuntungan Memulai Bisnis Dropship. Banyak yang bilang untuk memulai dropship karena keuntungannya menggiurkan. Tapi sebelum percaya informasi ini secara utuh dan mentah, Anda perlu mengerti dalam hal apa saja yang bisa Anda dapatkan dari bisnis semacam ini.

Berikut adalah penjelasannya.

1. Tanpa modal
Anda memang tidak membutuh modal besar untuk memulai bisnis dropship. Namun demikian Anda tetap membutuhkan modal koneksi internet. Anda tak perlu restock barang dagangan. Tak perlu menyewa gudang. Tak usah membuat packaging dan menghitung ongkos kirim. Kalau sudah begini, bisa di bilang bisnis dropship adalah Bisnis yang tanpa modal, atau nyaris tanpa modal.

Hal penting yang Anda butuhkan dalam bisnis ini adalah tentang keinginan belajar dan attitude. Model bisnis yang melibatkan teknologi semacam dropship, tentunya memiliki sisi teknis yang perlu di pelajari. Mulai dari scraping data sampai mempromosikan barang ke pelanggan.

Di samping itu, attitude juga tak kalah penting. Sebagai dropshipper, Anda harus menanggapi segala pertanyaan dari calon pembeli. Beberapa di antaranya pasti menguji kesabaran. Maka, attitude yang profesional, cekatan, dan sabar adalah modal yang juga penting.

2. Fleksibel
Di bandingkan dengan model bisnis lain, atau pekerjaan kantor lainnya, bisnis dropship lebih fleksibel, baik dari segi waktu maupun aktivitasnya. Di bisnis dropship Tak ada jam kantor yang kaku. Tak perlu merias diri sebelum bertemu calon pembeli. Tak ada praktik bisnis konvesional lainnya. Asal ada koneksi internet, bisnis Anda berjalan.

Bahkan Anda bisa menjalankan bisnis tanpa perlu keluar dari rumah. Anda bisa membagi waktu sambil membersihkan rumah, mengurus anak, menjaga toko kelontong, atau bahkan sambil berlibur. Karena fleksibilitas yang ditawarkan, siapa saja bisa memulai bisnis dropship. Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, hingga mahasiswa.

3. Banyak pilihan produk
Bisnis dropship menawarkan begitu banyak pilihan barang untuk dijual. Mulai dari produk kecantikan, gadget, pakaian, alat kebutuhan rumah tangga, sepatu, dan banyak lainnya. Bisa dikatakan apapun yang dijual di internet bisa Anda dropship-kan.

Anda tak perlu khawatir memiliki terlalu banyak saingan. Biasanya pelaku dropship hanya mendalami satu atau dua segmen produk. Karena jika terlalu banyak, justru dropship menjadi tidak terlalu efektif. Dropshipper sering kali kewalahan dengan begitu banyak jenis produk yang ditawarkan. Selain itu, reputasi toko milik dropshipper menjadi kurang baik.

Bayangkan ketika Anda bermaksud membeli barang di toko online. Anda bermaksud membeli produk skincare merk terkenal. Tak lama, Anda menemukan produk yang Anda cari di sebuah toko yang juga menjual seprei dan pakaian anak. Apakah Anda tertarik membeli produk yang diincar di toko tersebut? ya ini pertanyaan yang jawabannnya relatif ya

Maka dari itu, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan target pasar. Cukup pilih satu atau maksimal dua jenis produk saja. Dan jika Anda memilih dua jenis produk, pastikan keduanya saling berhubungan. Misalnya, produk skincare dengan kosmetik, gadget dengan accesories-nya, atau sepatu olahraga dengan tas olahraga.

Tantangan yang perlu Anda pahami tentang Bisnis Dropship

Seperti halnya semua macam usaha, bisnis dropship tak lepas dari tantangan. Supaya Anda lebih tahu apa yang akan dihadapi ketika melakukan dropshipping, berikut kami jelaskan tantangan-tantang yang sering dihadapi dropshipper pemula.

1. Memilih supplier
Anda bisa dengan mudah memilih barang untuk dijual secara dropship. Tapi memilih supplier yang tepat adalah soal lain.

Memilih supplier itu perkara susah-susah gampang. Susah karena Anda perlu teliti dan hati-hati. Karena supplier yang mengirimkan barang langsung ke pembeli, dropshipper sulit memantau kualitas produk. Makanya, penting untuk berpartner dengan supplier yang dapat dipercaya. Tak bisa ditampik, kemungkinan penipuan pun bisa terjadi.

Namun, bisa dibilang juga kalau memilih supplier adalah soal gampang. Melihat banyaknya pilihan supplier untuk jualan online, katakanlah Anda selalu punya opsi dan kesempatan untuk memilih supplier yang terbaik.

2. Keuntungan Terbatas
Rata rata dropshipper tidak berani mengambil banyak keuntungan dari bisnis tapi walaupun tidak semua. Meski supplier sudah memberikan harga miring, tentunya selisih harga terlalu jauh justru merugikan. Dropshipper berisiko kehilangan calon pelanggan karena mungkin banyak dari para pelanggannya itu ada pilihan penjual dengan harga yang lebih murah.

Kalau sudah begitu, hal yang paling mungkin dilakukan adalah mengejar jumlah penjualan. Dropshipper perlu memastikan ia bisa menjual sebanyak mungkin barang. Dengan demikian, keuntungan bisa dimaksimalkan. Membesarkan faktor kali.

3. Membangun Reputasi
Kepercayaan adalah mata uang bisnis. Sebelum bisa mendapatkan uang dari bisnis online, Anda perlu memiliki reputasi yang bagus. Dengan begitu, semakin banyak calon pelanggan yang membeli melalui Anda.

Namun, membangun reputasi online bukan perkara mudah. Anda perlu terus melakukan promosi di media sosial dan marketplace. Barang-barang yang dijual perlu terus dikurasi, di-update, dan dipromokan kembali. Anda juga perlu menambah follower toko online dan mendapatkan review yang bagus.

Untungnya dengan strategi yang tepat Anda bisa melakukannya sendiri, memang membutuhkan waktu untuk bisa melewati itu semua. Namun jika Anda ingin mencobasebuah cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan sebuah Tool Dropship, salah satunya adalah yang baru saja di lounching, namanya Dropship Store Plugin.

Apa itu Dropship Store, sebuah WordPress Plugin untuk

  1. Bikin Toko Online Dari Marketplace
  2. All Fitur Toko Online
  3. Fitur Riset Produk Laris
  4. Countdown Timer Di Checkoutpage
  5. Flow Belanja Murah
  6. Landing Page Toko Online

Apa saja manfaatnya untuk Anda ? Dan Apa yang membedakan Dropshiperstore dengan Toko Online Lainnya ?… Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.